7 Tips Merawat Motor di Musim Hujan

JURNALJABAR.CO.ID – Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik sepeda motor untuk merawatnya, terlebih lagi di saat musim hujan. Perawatan tentu harus mendapat perhatian lebih. Ini dilakukan agar kondisi kendaraan tetap prima saat digunakan sehari-hari.

Berikut 7 tips perawatan motor di musim hujan

1. Merawat mesin

Saat hujan, mesin bisa macet saat sepeda motor basah dalam waktu lama. Akibatnya, sepeda motor tidak bisa distarter. Selain itu, sistem kelistrikan mesin bisa basah saat hujan.

Sering kali, di air hujan, sistem kelistrikan menjadi korsleting dan kemudian sepeda tidak dapat dihidupkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tidak boleh mengendarai sepeda di tengah hujan sebanyak mungkin. Sangat penting untuk merawat mesin agar tidak basah saat mengendarai sepeda di tengah hujan.

2. Kesehatan Busi

Jika motor terpaksa melewati genangan yang cukup tinggi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan mati. Tetapi jika terlanjur melewati genangan tersebut yang mengakibatkan motor mogok, maka bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya.

Lakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Dan jika sudah terkena air disarankan untuk dilepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipasang kembali.

Baca Juga: Mengenal Fitur Split Bill Pada Facebook Messenger

Apabila pengendara motor tidak paham untuk membuka busi, disarankan untuk menghindari genangan air yang tinggi.

3. Bersihan sepeda motor secara teratur

Disarankan motor dibilas setelah terkena hujan. Selain membuat kondisinya lebih bersih, tujuan lainnya agar terhindar dari gangguan pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen pada sepeda motor.

4. Cek rantai dan berikan pelumas

Dikarenakan terkena air hujan maka rantai menjadi cepat kering dan mudah berkarat, oleh sebab itu jika sudah terkena hujan sebaiknya rantai dicek dan dapat dilumasi dengan pelumas khusus rantai.

Originally posted 2022-02-13 07:13:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *