Puluhan Pemandu Wisata di Pangandaran Ikuti Kegiatan Peningkatan SDM

PANGANDARAN, JURNALJABAR.CO.ID – Persiapan menyambut libur lebaran, sebanyak 30 pemandu wisata yang tergabung dalam Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran (PPWP) mengikuti kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemandu Wisata di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pananjung, Kabupaten Pangandaran, Rabu 13 April 2022.

Selain mendapatkan materi ke pemanduan, para ujung tombak promosi pariwisata ini mendapatkan pembekalan kemampuan Jungle Rescue dari Tagana Kabupaten Pangandaran dan Basarnas Pos Pangandaran.

“Kawan-kawan pemandu wisata ini banyak beraktivitas di destinasi yang sebagian besar merupakan wisata alam. Sehingga, sangat penting memiliki kemampuan tentang teknik penyelamatan,” ujar Nana Suryana Ketua FK Tagana Kabupaten Pangandaran melalui WhatsApp, Rabu 13 April 2022 malam.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pemandu wisata sehingga mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

BACA JUGA: Budaya Membaca Rendah, Ini Kata Ketua Forum Mahasiswa Cimerak

“Kita berikan pemahaman jungle rescue dan PPGD karena penting juga bagi para pemandu pengetahuan tentang penanganan darurat,” katanya.

Dewan Penasehat Pengurus Organisasi PPWP, Ipik Taupik menyampaikan, kegiatan pelatihan ini baru pertama dilakukan yang dilaksanakan secara maraton selama 3 hari dimulai sejak tanggal 11 April sampai 13 April 2022.

“Dan kegiatan internal PPWP ini, dilaksanakan secara swadaya yang melibatkan Basarnas dan Tagana,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan internal para pemandu wisata ini bukan hanya yang ada di satu destinasi wisata saja. Tapi, semua pemandu yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Sebelumnya, kata Ia, pihaknya memang sering mengikuti kegiatan pelatihan seperti yang diselenggarakan oleh kementerian, dinas dan termasuk sertifikasi profesi tour guide.

“Tapi, kalau tentang rescue itu baru kali ini,” ucap Ipik.

“Dan ini juga, salah satu persiapan kita untuk menyambut libur lebaran. Intinya, kita lebih penguatan SDM, peningkatan kualitas teman-teman pemandu,” ujarnya. (Bill)

BACA JUGA: Tim Patroli Sepatu Roda Laksanakan Patroli Jelang Sahur

Originally posted 2022-04-14 06:00:01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *