Tips Mudah Agar Terhindar dari Berita Hoax dan Penipuan

JURNALJABAR.CO.ID – Mengenali tanda-tanda umum penipuan ini dapat membantu Anda menghindari berbagai jenis penipuan.

Perkembangan teknologi membuat kita bisa mengakses segala sesuatu dengan mudah, disisi lain terkadang kita merasa sulit untuk membedakan mana informasi yang benar dan palsu (hoaks).

Banyak orang diluar sana yang menbuat kabar atau berota palsu hanya untuk kepentingan privasi saja. Agar tida tertipu dengan itu, yuk baca tips berikut ini.

1. Periksa Sumber Informasi

Periksa sumber informasi situs web tersebut. Apakah itu terlihat nyata? Apakah teks ditulis dengan baik? Apakah ada berbagai berita lain atau hanya satu berita?

Biasanya situs web berita palsu sering kali menggunakan alamat yang terdengar seperti surat kabar asli, tetapi tidak memiliki banyak berita nyata tentang topik lain. Jika Anda tidak yakin, klik halaman ‘Tentang’ dan cari deskripsi yang jelas tentang organisasi tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Password WiFi di Laptop/PC

2. Hati-hati dengan Foto Palsu

Banyak berita palsu menggunakan gambar yang di edit dengan Photoshop atau diambil dari situs yang tidak terkait. Terkadang, jika Anda hanya melihat dari dekat pada sebuah gambar, Anda dapat melihat apakah gambar tersebut telah diubah.

Atau gunakan alat seperti pencarian Google Reverse Image. Ini akan menunjukkan kepada Anda jika gambar yang sama telah digunakan dalam konteks lain.

3. Cek Fakta di Tempat Lain

Cari tahu apakah berita yang Anda baca ada di situs berita lain yang Anda kenal dan percayai. Jika Anda menemukannya di banyak situs lain, maka itu mungkin tidak palsu (walaupun ada beberapa pengecualian), karena banyak organisasi berita besar mencoba untuk memeriksa sumber mereka sebelum mereka menerbitkan sebuah berita.

Originally posted 2022-02-07 04:49:03.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *