5 Manfaat Silica Gel

  • Bagikan
5 Manfaat Silica Gel
5 Manfaat Silica Gel (Image/Pinterest)

JURNALJABAR.CO.ID – Saat membeli sebuah sepatu, tas mau pun obat-obatan, kalian pasti menemukan sebuah kantung kecil berisi silica gel. Kebanyakan orang akan membuang kantung kecil tersebut, padahal silica gel bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Ini dia 5 manfaat silica gel yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Membantu mengeringkan perangkat elektronik

Kantung silica gel ternyata bermanfaat untuk mengeringkan perangkat elektronik. Silica gel mempunyai fungsi mengurasi kelembapan sehingga dapat digunakan untuk mengeringkan alat elektronik yang terkena air.
Cara penggunaannya adalah masukkan beberapa kantong silica gel kedalam wadah yang bisa ditutup rapat, lalu masukkan alat elektronik yang terkena air. Tutup wadah dandiamkan selama 72 jam.

BACA JUGA :   Ini Alasan Kita Sering Mimpi Aneh Saat Demam Menurut Sains dan Islam

2. Mengatasi kaca berkabut

Saat sedang hujan dan berkendara dengan mobil, tentu saja kaca mobil biasanya berembun. Keadaan itu membuat kita sulit untuk berkendara karena pengelihatan yang kabur dan kurang jelas.
Jika perangkat mobil tidak bisa mengatasi keadaan tersebut, simpan beberapa kantung silica gel di depan kaca mobil. Silica gel tersebut akan menyerap kelembapan yang ada sehingga kaca mobil kembali jernih dan kamu bisa berkendara dengan tenang.

BACA JUGA : Walkot Banjar Launching Pelaksanaan Vaksin untuk Anak Usia 6-11 Tahun

3. Mengawetkan makanan

Dalam beberapa produk makanan, kita bisa saja menjumpai kantung silica gel di dalamnya. Silica gel disini berfungsi untuk menstabilkan kelembapan dalam kemasan makanan, sehingga makanan tidak mudah berjamur. Silica gel ini juga bisa digunakan di rumah, cukup simpan beberapa kantong silica gel di tempat kamu menyimpan makanan.

BACA JUGA :   Drama Korea Forecasting Love And Weather Episode 3

4. Mengeringkan bunga

Bunga kering biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bunga hidup, itu karena proses pengeringan yang cukup lama dan bunga kering dapat disimpan lama tanpa khawatir akan layu.
Sekarang kamu bisa mengawetkan bunga sendiri loh! Caranya adalah masukkan silica gel kedalam wadah yang bisa ditutup rapat, lalu masukkan bunga yang akan diawetkan, tumpuk kembali dengan silica gel, lalu tutp wadah rapat-rapat. Diamkan selama 2-6 hari. Lihat secara berkala proses pengeringannya berhasil atau kah tidak.

BACA JUGA :   Cerita Seorang Ibu yang Miliki 4 Anak dan Mampu Rawat Anak Yatim Piatu di Pangandaran

5. Menghilangkan bau tidak sedap di sudut ruangan

Manfaat yang terakhir adalah menghilangkan bau tidak sedap di sudut ruangan. Jika kamu mencium bau tidak sedap di sudut ruanganmu, cukup ambil beberapa kantung silica gel dan letakkan di sudut ruangan tersebut. Ganti beberapa kali siloca gel tersebut agar baunya cepat menghilang.

Itu tadi 5 manfaat dari kantung silica gel. Mulai sekarang, coba untuk tidak langsung membuangnya ya! (04)

BACA JUGA : Danrindam lll Siliwangi Pimpin Upacara Hari Infanteri ke-73 di Bandung

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.