5 Tips Sederhana Mencegah Peretasan Pada Posel Anda

  • Bagikan
5 Tips Sederhana Mencegah Peretasan Pada Posel Anda
5 Tips Sederhana Mencegah Peretasan Pada Posel Anda

JURNALJABAR.CO.ID – Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, membuat internet menjadi sebuah kebutuhan yang seakan wajib bagi seluruh masyarakat.

Tak heran jika para penjahat siber atau hacker suka melakukan peretasan perangkat entah itu untuk kepentingan mencuri data penting, membobol kartu kredit ataupun kepentingan tertentu.

Oleh sebab itu kami jurnaljabar.co.id akan membagikan tips sederhana untuk mencegah peretasan khususnya pada ponsel.

Hati-hati Dengan Izin Akses Pada Perangkat

Berapa banyak aplikasi yang memiliki akses ke kamera, mikrofon, lokasi, dan kontak Anda? Saya dapat memberi tahu Anda tanpa melihat bahwa jawabannya adalah, “Terlalu banyak.” Beberapa aplikasi benar-benar membutuhkan izin tersebut dan bahkan lebih sedikit lagi yang membutuhkannya diaktifkan sepanjang waktu.

BACA JUGA :   Peter Saddington, Orang Pertama Yang Membeli Mobil Lamborgini dengan Bitcoin

Aplikasi pihak ketiga akan mencoba mendapatkan informasi apa pun yang mereka dapat melalui izin ini juga.

Pilihlah aplikasi yang benar benar aman untuk diberikan izin akses. Anda bisa memeriksa melalui ulasan atau info keamanan pada PlayStore atupun AppStore.

Jangan Terlalu Cepat Terhubung dengan Social Media

Dengan sebagian besar aplikasi dan layanan, Anda memiliki beberapa opsi untuk menyiapkan akun. Yang paling umum adalah menggunakan login media sosial Anda atau membuat akun baru dengan alamat email atau nomor telepon Anda.

BACA JUGA :   Cukup Dua Langkah, Begini Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Meskipun lebih cepat untuk terhubung dengan Facebook, saya sarankan Anda membuat akun baru. Mengaktifkan izin aplikasi pihak ketiga menyebarkan informasi sensitif Anda ke lebih banyak perusahaan dan pialang data.

Ini juga merupakan risiko keamanan. Jika Anda menggunakan login yang sama untuk banyak akun, apa yang terjadi jika satu akun diretas? Pastikan setiap akun yang Anda atur memiliki kata sandi uniknya juga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.