Belajar Tata Kelola Kawasan Sehat, FKPS Lakukan Kunjungan ke Semarang

  • Share

PANGANDARAN, JURNALJABAR CO.ID Belajar tata kelola kawasan sehat, Forum Kabupaten Pangandaran Sehat (FKPS) melakukan kunjungan ke Semarang.

FKPS berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk menemui Forum Kota Semarang (FKS). Dalam kunjungannya FKPS disambut baik oleh Ketua FKS Krisseptiana Hendrar Prihadi Istri Walkot Semarang.

Sebagaimana diketahui Kota Semarang berhasil mempertahankan penghargaan kategori tertinggi Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat tahun 2022 se-Indonesia. Sebelumnya kota Semarang juga memperoleh penghargaan yang sama pada tahun 2021.

Predikat tersebut didapatkan setelah Kota Semarang berhasil mewujudkan 6 tatanan dalam penataan kota, yaitu kawasan wisata yang sehat, permukiman yang sehat, ketahanan pangan, gizi, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, masyarakat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

BACA JUGA :   Pemkab Ciamis Gelar Do,a Bersama untuk Keselamatan Putra Sulung Ridwan Kamil

Ketua Forum Kota Sehat Krisseptiana Hendrar Prihadi mengatakan, kunci kota sehat adalah komitmen.

“Tentunya Kota Semarang menerapkan konsep bergerak bersama, dimana seluruh stakholder pemerintah kota, elmen masyrakat dan organisasi komitmen dalam mewujudkan kota sehat,” kata Krisseptiana, Kamis 25 Agustus 2022.

Menurutnya kota sehat ini merupakan program yang sangat strategis, apabila didukung akan mudah terwujud.

“Dukungan itu harus datang juga dari masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya melakukan sosialisasi dengan metode Botton Up. Kegiatan program pemerintah berasal rembuk masyarakat, keinginan warga dan kemudia kegiatannya difasilitasi pemkab, dimasukan ke pra Musrenbang, sehingga program pemerintah diikuti masyarakat dengan enjoy.

BACA JUGA :   Solidaritas Korban Penembakan, DKI Beri Warna Bendera New Zealand di JPO GBK

Pemkot Semarang selalu menyelesaikan permasalahan kota dengan melibatkan warga, sehinggga peran masyarakat sangat dilibatkan.

“Misalnya penekanan angka demam berdarah, justru kita lakukan melalui edukasi anak, dengan cara memberikan edukasi kepada anak sekolah terkait jentik nyamuk, sehingga pemahaman terkait kebersihan lingkungan dan mencegah tumbuhmya jentik nyamuk,” paparnya.

Infornasi tambahan, Kota Semarang dikenal dengan perdagangan dan jasa. Sementara saat ini akan mulai meningkatkan sektor pariwisata.

Ketua FKPS Ida Nurlaela Wiradinata mengatakan cita-cita Kabupaten Pangandaran untuk mencapai penghargaan kategori kabupaten sehat terus digenjot.

“Belajar ke Kota Semarang untuk melihat hebatnya kota Semarang dalam membangun kota/kabupaten sehat dengan predikar terbaik se-Indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA :   Besok Ada Rekayasa Lalin di Kawasan Jalan Jakarta, Catat Aturannya!

Ida menginkan Kabupaten Pangandaran menjadi kabupaten sehat seperti Semarang.

“Alhamdulillah Pangandaran juga tahun 2019 menangkan kategori Swasti Saba Padapa, kemudian pada tahun 2022 mendapatkan kategori Swasti Saba Madya,” kata Ida.

Dalam kunjungannya Ida dan FKPS belajar tentang implementasi Kota Sehat untuk meningkatkan kategori kota/kabupaten sehat.

Selain itu Ida juga mengenalkan pariwisata Pangandaran yang memiliki 91 Km pantai terpanjang se Jawa Barat dan prestasi sebagai Daerah Otonomi Baru di Indonesia.

Ida berharap Kalo kota/kabupaten lain di Indonesia seperti Semarang, maka daerah kabupaten/kotanya akan Cemerlang. (Kimas)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.