Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Resmikan Staltahmil Super Maximum Security Pomdam III/Slw

  • Bagikan
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Resmikan Staltahmil Super Maximum Security Pomdam III/Slw

BANDUNG, JURNALJABAR.CO.ID – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dalam kegiatannya meresmikan Instalasi Tahanan Militer (Staltahmil) Super Maximum Security (SMS) di Pomdam III/Slw.

Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto seusai mendampingi Pangdam III/Slw menyambut kedatangan Kasad untuk meresmikan Staltahmil Super Maximum Security di Pomdam III/Slw Jl. Jawa No. 11 A, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 29 Agustus 2022.

Lanjutnya mengatakan, sesaat sebelum meresmikan Staltahmil SMS, Kasad menerima paparan singkat dari Jonathan Togi selaku mitra yang dilanjutkan dengan menyaksikan bersama penayangan video sekilas pembangunan Staltahmil SMS.

“Ditandai dengan menempelkan telapak tangan di video screen serta penanda tanganan prasasti, Kasad meresmikan Staltahmil SMS Pomdam III/Slw,” ujarnya.

Rangkaian acara peresmian Staltahmil SMS, nampak Kasad turut memberikan tali asih berupa paket Sembako kepada penyandang cacat atau disabilitas serta anak yatim piatu juga Warakawuri yang diberikan secara simbolis oleh Kasad kepada 3 orang perwakilan didampingi oleh Danpuspomad serta Pangdam III/Slw, dilanjutkan dengan bersembang bersama para Danrem dan masyarakat di wilayah Korem jajaran Kodam III/Slw secara virtual dan acara diakhiri dengan pembacaan do’a.

BACA JUGA :   Pemda Pangandaran akan Buat Struktur Tim Percepatan Penurunan Stunting

“Kasad juga menyempatkan diri untuk meninjau fasilitas serta simulasi sistem operasi yang dimiliki Staltahmil SMS, yang mana segala aktifitas di dalamnya memerlukan akses untuk mengoperasikannya,” jelasnya.

Di penghujung acara, Kasad menuliskan kesan dan pesan pada lukisan Silhouette Kasad yang nantinya akan dipampang di depan pintu keluar Staltahmil SMS serta melaksanakan foto bersama.

Dalam sambutannya Kasad mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berjalan dengan cepat dan dinamis, sehingga TNI AD perlu merespon penerapan teknologi tersebut guna mendukung pelaksanaan tugas pokok. Salah satunya yaitu dengan penguatan instalasi tahanan militer Pomdam III/Slw menjadi Super Maximum Security.

BACA JUGA :   KPU Pangandaran Tetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Februari Sebanyak 322.636

“Instalasi tahanan militer Super Maximum Security sangat mengutamakan aspek keamanan, efektifitas, integrative, modern dan humanis. Instalasi ini juga merupakan evolusi dari sistem manual ke sistem digital online atau berbasis teknologi informasi (IT),” imbuh Kasad.

Dikatakan Kasad Jenderal TNI Dududng Abdurachman, awalnya tahanan militer yang berbasis IT ini diinisiasi oleh Kasad yang lalu, Jenderal TNI Andika Perkasa. Staltahmil Super Maxsimum Security ini merupakan yang kedua setelah Pomdam Jaya, Staltahmil ini mengedepankan masalah kemanusiaan yang dikatakan humanis, tambah Kasad.

“Manusia itu pasti punya kesalahan akan tetapi bukan berarti tidak punya harapan, kita juga punya kesalahan dan punya masa lalu,“ tegas Kasad.

Di akhir sambutannya Kasad menitipkan instalasi tahanan militer SMS yang mempunyai fasilitas modern berbasis teknologi informasi untuk dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dalam rangka pembinaan personel yang memiliki permasalahan hukum dan harus menjalani tahanan.

BACA JUGA :   Kerap Banjir Akibat Tanggul Jebol, Warga dan DPRD Datangi BBWS Citanduy Banjar

Kapendam menambahkan, setiap tahanan akan dipasangkan gelang RFID (Radio Frekwency Identification) yang berfungsi untuk melacak keberadaan tahanan selama di dalam fasilitas staltahmil, alat reader akan terpasang di setiap ruangan sel dan juga di area umum. Sementara di gedung kunjungan, terdapat 4 PC (Personal Computer) untuk keperluan online visitation (besukan online, penyidikan online, sedangkan untuk kunjungan fisik disiapkan 4 set alat intercom antivandal untuk komunikasi tahanan dengan pengunjung.

Hadir pada acara tersebut, Irjenad, Asrena Kasad, Aslog Kasad, Asintel Kasad, Aspers Kasad, Dankodiklatad, Danpussenif, Danpuspomad, Kapusziad, Pangdam III/Slw, Kadisadaad, Kadispenad, Kadisinfolahtad, Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Danrindam III/Slw, para Asisten dan Kabalakdam III/Slw, Pa LO TNI AL dan TNI AU, Dirbin Idik, Dirbin Tahmil Puspomad, Kaotmil II-08 Bandung, Kadilmil II-09 Bandung dan Kalemasmil Poncol Ciamhi serta Kakanwil Kemenkumham Jabar. (MW)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.