Mengenal DNS Pribadi: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

  • Bagikan
Mengenal DNS Pribadi: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya
Mengenal DNS Pribadi: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya- Pinterest

JURNALJABAR.CO.ID– Banyak orang menggunakan DNS pribadi untuk memblokir iklan, keamanan privasi atau bahkan membuka situs yang diblokir tanpa harus menggunakan VPN.

Tapi nyatanya DNS pribadi memiliki fungsi lebih dari itu. Sebelum itu alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa pengertian dari DNS itu sendiri.

Mengenal Apa Itu DNS

DNS atau Domain Name System merupakan catatan internet atau buku telepon Internet. Kita mengakses informasi secara online melalui nama domain , seperti contoh jurnalJabar.co.id Web browser berinteraksi melalui alamat Internet Protocol (IP) . DNS menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga browser dapat memuat sumber daya Internet.

BACA JUGA :   Tips Mudah Agar Terhindar dari Berita Hoax dan Penipuan

Pada umumnya, server DNS akan melakukan terjemahan dari URL ke IP. Proses ini disebut transaksi DNS, dan ini terjadi setiap kali Anda mengunjungi situs web, menggunakan aplikasi tertentu, atau berkomunikasi melalui platform tertentu.

Transaksi ini, seperti nama domain, tidak terenkripsi. Tidak ada mekanisme privasi untuk melindungi kerahasiaan transaksi. Ini berarti bahwa operator dan orang lain dapat dengan mudah melihat dan mencatatnya, dan ini dapat menjadi masalah yang serius ketika informasi tersebut merupakan risiko keamanan atau privasi.

Lebih jauh lagi, ini dapat membuat Anda rentan terhadap bentuk serangan siber berbahaya tertentu.

BACA JUGA :   Wajib Simpan! Ini Kumpulan Website Berguna Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Mengenal Apa itu DNS Pribadi

Ada dua istilah baru untuk memahami DNS pribadi: Transport Layer Security (TLS) dan Hypert e xt Transfer Protocol Secure (HTTPS) . Protokol ini mengenkripsi setiap kueri DNS yang dikirim, dan DNS melalui protokol ini disebut sebagai DoH (DNS melalui HTTPS) dan DoT (DNS melalui TLS).

Sebagian besar serangan malware, ransomware, dan pencurian data bergantung pada kelemahan keamanan DNS. Di sinilah DNS pribadi masuk. DoT dan DoH mengenkripsi komunikasi antara jaringan Anda dan server DNS dan mencegah pihak ketiga mencegat data.

BACA JUGA :   Fitur Instagram yang Sangat Berguna Bagi Influencer

Beberapa perangkat lunak privasi lain yang dapat Anda gunakan termasuk VPN dan SmartDNS .

Cara Menggunakan DNS Pribadi

Biasanya setiap perangkat/platform memiliki proses yang berbeda beda. Untuk mengaktifkan DNS pribadi, Anda perlu mengonfigurasi alamat DNS di perangkat Anda dan memiliki akses ke server DNS pihak ketiga yang menyertakan fungsionalitas DoT atau DoH.

Cloudflare menawarkan layanan DNS pribadi gratis di 1.1.1.1 atau 1.0.0.1 tetapi mencatat beberapa informasi, yang dapat Anda baca di sini. Ini resolver DNS adalah gratis . Opsi DNS gratis lainnya termasuk OpenDNS, 1.1.1.1 dengan Warp, dan Google.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.