Mitos Menyeramkan Dibalik Keindahan Gunung Botak di Kabupaten Rembang

  • Share
Mitos Menyeramkan Dibalik Keindahan Gunung Botak di Kabupaten Rembang - @Ihsan

JURNALJABAR.CO.ID – Gunung botak yang berlokasi di desa Bitingan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang ternyata menyimpan segudang misteri dan mitos yang menyeramkan.

Sebagian masyarakat yang berada di dekat gunung ini masih percaya bahwa tempat ini memiliki mitos atau keyakinan yang dianggap mistis dan sakral.

Gunung botak atau sering disebut juga gunung mayit ini memiliki ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut (MDPL), dan memiliki dua puncak gunung Sisi Barat disebut gunungjati karena bersemayam makam Eyang Djati Kusumo kemudian di sisi timurnya Disebut gunung butak karena tempat ini terlihat gundul atau botak tidak ada rumput yang tumbuh.

BACA JUGA :   Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 tahun Digelar di Tempat Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Mitos Menyeramkan Gunung Botak Rembang

Kisah misteri dan mitos yang dipercaya oleh warga sekitar yaitu adalah tanah yang Botak atau gundul yang tidak ditumbuhi tanaman rumput adalah tempat bersemayamnya keris Eyang Djati Kusumo yang terkenal dengan sebutan Ampal Bumi.

Menurut kepercayaan warga sekitar dahulunya di wilayah sekitar Gunung budak terdapat seekor ular besar yang mengganggu ketentraman warga. Dikarenakan ular tersebut sangat besar dan Sakti maka tidak ada satupun warga yang berani mengusik keberadaan siluman ular itu.

BACA JUGA :   Misteri Dibalik Keindahan Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Baca Juga: Koleksi Pakaian Pengantin Adat Tradisional di Indonesia, Bugis Paling Unik

Kemudian ular itu pun ditaklukkan oleh Eyang Djati Kusumo menjadi penjaga disekitar makam. Selain ular raksasa di sekitar wilayah gunung Botak ini juga terdapat siluman putri celeng (babi) dan siluman rambut Geni.

Putri celeng ini biasanya ditemui dalam wujud badan seorang putri cantik namun kepalanya berwujud celeng kadang juga badannya celeng kepalanya seorang putri cantik.

Sedangkan siluman rambut Geni ini sosok badannya hanya separo dari perut ke atas saja dan rambutnya menyala seperti api.

BACA JUGA :   7 Rekomendasi Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Paling Indah

Kedua siluman tersebut biasanya berada di area Telaga Jambangan dan menjaga wilayah tersebut. Oleh karena itu berhati-hatilah jika kalian berkunjung kesana jangan sampai membuat kerusakan alam dan berbuat yang tidak-tidak.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.