Panduan Fotografer: 10 Istilah Fotografi yang Perlu Anda Ketahui

  • Share
Panduan Fotografer: 10 Istilah Fotografi yang Perlu Anda Ketahui - Pinterest

JURNALJABAR.CO.ID – Jika Anda merupakan tipe fotografer yang hanya membuka aplikasi kamera lalu memotret, mungkin Anda harus baca artikel ini sampai akhir .

Berikut adalah beberapa istilah fotografi umum yang perlu diketahui bagi fotografer pemula.

1. Shutter Speed

Shutter speed atau kecepatan rana mengacu pada berapa lama lensa kamera Anda tetap terbuka untuk memungkinkan cahaya mengenai sensor kamera Anda.

Meningkatkan Shutter speed berguna untuk bidikan eksposur panjang seperti bintang dan jejak cahaya atau mencapai tampilan halus saat memotret air yang bergerak, tetapi menggunakan kecepatan rana yang lebih lama memerlukan tripod atau tangan yang sangat stabil.

BACA JUGA :   6 Keahlian yang Akan Dibutuhkan di Metaverse

Baca Juga: Cukup Dua Langkah, Begini Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

2. ISO

ISO dulunya merupakan istilah fotografi yang digunakan untuk menggambarkan jenis film yang dimasukkan ke dalam kamera, dalam fotografi digital, ini mengacu pada seberapa sensitif sensor kamera Anda terhadap cahaya.

3. HDR

HDR adalah singkatan dari high dynamic range atau dalam bahasa Indonesia berarti rentang dinamis tinggi. HDR digunakan untuk meningkatkan rentang antara cahaya paling terang dan kegelapan tergelap di foto Anda.

BACA JUGA :   Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram

4. F-stop (aperture)

Dalam fotografi tradisional, “aperture” mengacu pada seberapa lebar lensa kamera terbuka. Angka f-stop yang lebih kecil berarti bukaan lensa yang lebih lebar, dan angka f-stop yang lebih besar berarti bukaan lensa yang lebih sempit.

Semakin lebar lensa, semakin kecil depth of field dalam sebuah foto. Aperture yang lebih kecil akan memiliki depth-of-field yang lebih luas, yang berarti bahwa objek yang dekat dengan kamera dan lebih jauh akan menjadi fokus.

BACA JUGA :   Intel Akan Rilis Chipset Baru Untuk Menambang Cryptocurrency

5. Burst Mode

Mode burst adalah fitur khusus pada kamera yang memungkinkan Anda mengambil foto beruntun secara terus-menerus sehingga Anda dapat memilih yang terbaik di kemudian hari.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.