Peduli Masyarakat Sekitar, Yonif 312/KH gelar Pelayanan Kesehatan Umum dan KIA

  • Share
Peduli Masyarakat Sekitar, Yonif 312/KH gelar Pelayanan Kesehatan Umum dan KIA

SUBANG, JURNALJABAR.CO.ID – Dalam rangka memperingati HUT ke 74 Yonif 312/KH, sejumlah kegiatan bakti sosial telah dilaksanakan guna memelihara Sinegritas antara TNI – masyarakat Subang, serta membantu meringankan masyarakat yang membutuhkan terutama di bidang kesehatan.

Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto kepada awak media melalui saluran telepon, Kamis 01 September 2022.

Lanjutnya dikatakan, kegiatannya berupa pelayanan kesehatan secara umum juga pemeriksaan USG (Ultrasonografi) dan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) tes bagi ibu Persit dan masyarakat sekitar yang digelar pada Selasa (30/8) lalu. Pelayanan Kesehatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Persit Ranting 4 Yonif 312/KH dan dr. Henty Mulyati Agustina yang bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Subang dan Puskesmas Sukarahayu.

BACA JUGA :   10 Tips Mudik yang Aman dan Sehat Bagi Masyarakat, Ini kata Kepala Divisi Humas Polri

“IVA tes ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks serta untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan cara pengobatan sedini mungkin terhadap kasus-kasus penyakit yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim. Sedangkan USG sendiri bertujuan untuk memeriksa detak jantung janin, menentukan usia kehamilan serta memperkirakan estimasi waktu lahir,” ujarnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan HUT Yonif 312/KH juga diramaikan dengan kegiatan bakti sosial lainnya berupa donor darah yang diikuti oleh anggota Yonif 312/KH bertempat di Aula Yonif 312/KH yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

BACA JUGA :   Modus Cari Ular, Pelaku Pencurian Handphone Diamankan Warga Pangandaran

“Donor darah sendiri memiliki efek positif tersendiri bagi kesehatan si pendonor, anggota Yonif 312/KH yang telah mendonorkan darahnya akan terjaga kesehatan jantungnya, juga tumbuhnya rasa memiliki antara satu sama lain serta donor darah ini dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel – sel darah,” tambahnya.

Senada dikatakan Kapendam, Danyonif 312/KH Mayor Inf Dede Hermawan mengatakan Kegiatan donor darah, USG dan IVA Tes ini, selain dalam rangka memperingati hari ulang tahun Batalyon juga sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan TNI kepada masyarakat.

BACA JUGA :   Pemkot Bandung Lanjutkan Vaksinasi Hewan Ternak

Kapendam juga menambahkan, segala upaya yang telah dilakukan oleh Yonif 312/KH merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar Subang juga merupakan bentuk impelementasi dari 7 perintah harian Kasad. (MW)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.