Plt. Bupati Bogor Serahkan Tanda Penghargaan Pada Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Bogor

  • Share
Plt. Bupati Bogor Serahkan Tanda Penghargaan Pada Hari Pramuka Ke-61 Tingkat Kabupaten Bogor

BOGOR, JURNALJABAR.CO.ID – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor serahkan tanda penghargaan kepada anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor, pada puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Bogor, di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kamis 18 Agustus 2022.

Tanda penghargaan yang diberikan, terdiri dari lencana Melati, Darma Bakti, Pancawarsa, dan Karya Bakti. Hadir pada acara tersebut, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor, Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan se-Kabupaten Bogor, dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan juga membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso. Disebutkannya, tema utama Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa“. Tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

BACA JUGA :   Kapolres Ciamis Hadir dalam Acara Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-13

“Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama,” ujar Iwan Setiawan.

Iwan melanjutkan, mereka siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para anggota yang telah mempercayakan anak-anaknya dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan yang kita cintai bersama,” tutur Iwan Setiawan.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso mengucapkan terima kasih kepada bupati, dan camat sebagai ketua majelis pembimbing daerah, majelis pembimbing cabang, dan majelis pembimbing ranting, para pembina gugus depan di mana saja, serta semua pihak yang telah ikut membantu mengembangkan Gerakan Pramuka. Khususnya kepada para ketua, wakil ketua, dan anggota majelis pembimbing di semua tingkatan, agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan moril dan materil, untuk memajukan Gerakan Pramuka.

BACA JUGA :   Green Adventure Siliwangi Media untuk Monitor Progress Satuan di Wilayah

Di tingkat Kabupaten Bogor, Peringatan Hari Pramuka ke-61 terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yakni ziarah rombongan ke makam pahlawan dan tokoh Pramuka di TMP Pondok Rajeg dan tersebar di Kwartir Ranting. Kemudian malam renungan dan ulang janji, melaksanakan perkemahan Sabtu Minggu, yang tersebar di seluruh gugus depan se-Kabupaten Bogor. Selanjutnya, apel Peringatan Hari Pramuka tersebar di Kwartir Ranting, dan mengirimkan kontingen Jambore Nasional sebanyak 16 orang penggalang.

Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Agus Ridho menjelaskan, jumlah anggota muda Pramuka Kabupaten Bogor saat ini sebanyak kurang lebih 240.811, baik dari golongan siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Sasarannya adalah meningkatnya jumlah pembina mahir yang berkualitas sehingga proses pembinaan kepramukaan berjalan dengan baik.

BACA JUGA :   Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan, Pemkot Bandung Canangkan Sadar Tertib Arsip

“Target Pramuka Garuda Kabupaten Bogor adalah sebanyak 10.000 orang di tahun 2025. Dalam kurun waktu 2021-2022 pencapaian Pramuka Garuda di Kabupaten Bogor, untuk Siaga sebanyak 698 orang, Penggalang 966 orang, Penegak 586 orang, dan Pandega sebanyak 4 orang, sehingga jumlah keseluruhan Pramuka Garuda 2.284 orang.

Agus Ridho menambahkan, kemudian Pusat Informasi (Pusinfo) Kwarcab Kabupaten Bogor mendapatkan predikat Kwartir Cabang tergiat 1 tingkat nasional, pada liputan Karya Bakti Lebaran tahun kemarin. Tahun ini juga, Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor dipercaya menjadi panitia Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur. (Najib)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.