Wabup Yana Terima Audiensi KPU Ciamis, Ini Poin Yang Dibahas

  • Bagikan
Wabup Yana Terima Audiensi KPU Ciamis, Ini Poin Yang Dibahas

CIAMIS,JURNALJABAR  – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menerima audiensi jajaran pengurus Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis bertempat di ruang Op Room Sekretaris Daerah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa 02 Agustus 2022.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu mengatakan, audiensi tersebut membahas persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

“Kami menyampaikan beberapa informasi terkait persiapan tahapan pemilu 2024,” katanya.

Sarno mengungkapkan pemerintah beserta KPU sudah menetapkan bahwa Pemilu tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan untuk Pilkada dilaksanakan tanggal 27 Nopember 2024.

BACA JUGA :   Polres Ciamis Laksanakan Pemantauan Kegiatan Masyarakat Ditengah Penerapan PPKM Berlevel

Sementara untuk saat ini baru mencapai tahapan Pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu.

“Terkait pelaksanaannya KPU diarahkan untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah salah satunya terkait pembiayaan pelaksanaan,” jelasnya.

Bersama Pemda, Ia berharap dapat secara bersama-sama bersinergi menyelesaikan dan mensukseskan Pemilu maupun Pilkada serentak di Kabupaten Ciamis.

Menanggapi hal itu, Yana D Putra menyampaikan bahwa demokrasi merupakan pilihan final bagi bangsa ini sedangkan Pemilu merupakan bagian terpenting dari proses demokrasi.

BACA JUGA :   Liburan Berujung Maut di Pantai Pangandaran, Seorang Bocah Terseret Arus Saat Berenang

“Pemilu adalah tanggung jawab semua pihak bukan KPU saja, termasuk kita pihak Pemerintah Daerah,” kata Yana.

Terkait pembiayaan atau anggaran, Yana menegaskan bahwa Pemda akan membantu sesuai dengan kemampuan APBD dan sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

“Kami siap mendukung kegiatan kepemiluan di Kabupaten Ciamis sesuai dengan kemampuan anggaran dan sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada,” tegasnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Ciamis itu pun berpesan agar sosialisasi pemilu serentak kepada masyarakat terus dilakukan supaya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti dapat lebih optimal.

BACA JUGA :   Rekomendasi Pansus LKPJ Minta Pemda Pangandaran Realisasikan Hak Pemerintah Desa

“Insyallah kami pun melalui dinas terkait seperti Kominfo dan Kesbangpol akan ikut berupaya, semata-mata agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat,” tandasnya. (Zii)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.