Yonif Raider 323/BP Gelar Latihan Pemeliharaan dan Kemampuan

  • Bagikan

BANJAR, JURNALJABAR.CO.ID – Meningkatkan dan memelihara kemampuan prajurit dalam latihan pemeliharaan spesialisasi prajurit Raider, Yonif Raider 323/BP gelar Latihan pemeliharaan dan Kemampuan (Latharpuan) dengan materi simulasi pengamanan obyek vital dan simulasi pembebasan tawanan (Raid Baswan).

Kegiatan program Angkatan Darat terutama satuan dibawah Brigif Raider 13/Galuh Divif 1 Kostrad yang rutin dilaksanakan setiap tahun dengan materi Raid bagian dari latihan Pertempuran Jarak Dekat atau yang biasa disebut PJD.

Kegiatan ini merupakan latihan yang mengutamakan kecepatan, senyap dalam bergerak dan tepat meraih sasaran sesuai dengan semboyan Raider, pasalnya latihan ini wajib dimiliki satuan tempur khususnya yang telah berkualifikasi Raider untuk meningkatkan kemampuan prajurit. Banjar, 22 April 2022.

BACA JUGA :   Kumpulan Nenek-nenek di Pangandaran Santuni Puluhan Yatim-piatu

Dalam simulasi baswan ini pihak penyelenggara latihan menunjuk Supervisor Gardu Induk PLN Kota Banjar Bapak Iksan Asadi Sidik untuk menjadi sandra.

BACA JUGA: Apel Gelar Pasukan, Kapolri Tekankan Soal Strategi Antisipasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster saat Mudik

Sekenario yang berjalan lancar dan apik ini membuat seolah tak percaya dan menerangkan bahwa dia kagum dan masih tak percaya dengan latihan ini. Dalam waktu kurang dari lima menit saya sebagai sandra dapat diselamatkan prajurit dan prajurit mampu melumpuhkan musuh yang menyandra saya.

BACA JUGA :   Emmeril Meninggal Dunia, Sejumlah Masjid di Kota Bandung Lakukan Salat Gaib dan Doa Bersama

“Luar biasa pengalaman bagi saya untuk pertama kalinya sebagai sandra dalam latihan ini, jujur jantung saya bedebar karna harus mendengarkan tembakan dalam latihan simulasi ini,” ungkapnya.
Danyonif Raider 323/BP Letkol Inf Triyono Hadiyanto selaku Komandan latihan.

Pihaknya sangat bangga dengan prajuritnya yang mampu melaksanakan perintah operasi yang saya berikan dalam latihan simulasi pembebasan tawanan ini.

“Saya lihat gerakan sudah bagus dan unsur komandan tim mampu bekerja mengendalikan anggota untuk tampil bagus, memang dalam sebuah latihan ada beberapa yang harus ditingkatkan tapi bagi kami tidak masalah karena semangat dari rekan prajurit mampu menutupi kekurangan tersebut,” katanya.

BACA JUGA :   Sejak Pandemi Mulai, Pertumbuhan Ekonomi Kota Bandung Alami Kontraksi di Tahun 2020 dan 2021

“Saya berharap dengan latihan ini, prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad bisa lebih mahir dan menguasai operasi khusus menggunakan taktik dan teknik  Raider baik perorangan maupun kelompok,” ujar Triyono. (Ucup)

BACA JUGA: Polres Ciamis Siapkan Sarana Prasarana Penunjang Kegiatan Operasi Ketupat Lodaya 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.